PENGETAHUAN AKAN HIDUP YANG KEKAL

AKU TAHU HIDUPKU BERASAL DARI ALLAH

1 Yohanes 5:18-21

 

Saudaraku! Allah adalah sumber kehidupan. Dari Dia  kita  menerima karunia hidup kekal itu. Segala milik kepunyaan serta  kehidupan kita adalah karunia Tuhan sebagai  perwujudan kasihNya bagi  umat yang ditebus. Tuhan memberi kita jalan hidup serta menjamin akan hidup yang  baru yaitu hidup kekal. Penegasan bahwa kita lahir dari Allah menjadikan kita milik kepunyaanNya  dan direncanakan untuk suatu maksud yang baik. Kita diberi  pengetahuan bahwa hidup bukan hanya di dunia ini tetapi juga hidup yang akan datang yang akan dimiliki orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Dalam hidup kita tahu bahwa  Tuhanlah  yang mengatur serta memberi kita tuntunan tentang jalan kebenaran maka dengan berjalan di jalan Tuhan  kita diberi kekuatan dan kemenangan  untuk melawan kuasa si jahat.

Saudara, untuk tetap berjalan di dalam kebenaran membutuhkan ujian yang akan menghasilkan kemenangan dan keteguhan iman. Kita membutuhkan asupan serta  sumber energi rohani untuk menumbuhkan ketahanan, ibarat semacam obat anti body yang membuat tubuh  kita  tetap kuat dan tahan. Dalam hal pendidikan untuk anak-anak sekarang ini, kita disibukkan dan berusaha terus mempersiapkan berbagai hal baik materi serta pikiran dengan harapan mereka lebih maju dan berhasil, namun sering kita kurang memperhatikan masalah spiritualnya  (kerohanian), kita terlalu disibukkan dengan urusan-urusan duniawi namun hal-hal rohaninya sering kurang diperhatikan.Adasebuah ucapan mengatakan “pengetahuan tanpa iman adalah salah arah dan iman tanpa pengetahuan pada hakikatnya adalah lumpuh”. Perlu ada keseimbangan di antara keduanya, maka kejarlah pengetahuan  dengan iman yang sungguh-sungguh kepada Tuhan maka Ia akan memberikan keberhasilan bagimu. Kunci keberhasilanmu bukan terletak pada apa yang engkau ketahui tetapi dari apa yang engkau hidupi dan imani.

Saudara begitu mudahnya kita terlena dengan berbagai tawaran yang menggiurkan, baik melalui penglihatan serta  pendengaran, melalui itu kita tergoda untuk memiliki sesuatu barang tetapi setelah dipakai mutunya tidaklah seperti yang diiklankan. Di segala sudut kita disuguhkan dengan berbagai hal yang menarik dan menggoda namun realitanya tidak semua sesuai dengan kenyataan, kita harus bijaksana untuk memfilternya mana yang perlu dan tidak perlu, mana yang baik dan buruk.  Banyak rupa-rupa berhala sekarang ini, kalau dulu berhala adalah tempat-tempat keramat serta menyembah patung-patung, tetapi sekarang wajahnya sudah berubah. Kita harus lebih berhati-hati supaya jangan diperbudak oleh keinginan. Seringkali kita diperbudah oleh keinginan pada hal itu bukan sebuah kebutuhan yang sangat urgen, dan ketika tidak ada kemampuan untuk memilikinya dicarilah jalan yang tidak benar sampai ada orang melakukan kejahatan membunuh, merampok hanya untuk memperoleh uang yang dijadikan untuk memuaskan keinginanya tersebut.

Saudara, Tuhan Yesus telah membenarkan kita supaya  memperoleh hidup kekal. Kita perlu menghidupi kualitas iman kepada Yesus bukan sekedar mengikut dan memperoleh identitas tetapi terutama adalah mengikuti perintah serta menghidupi panggilanNya. Tuhan memanggil kita untuk menjauhkan diri dari berbagai berhala dunia tetapi mendekatlah kepada Tuhan sebab Dialah Allah yang benar dan di dalam Dialah hidup kekal itu diperoleh. Berilah dirimu dan sendengkanlah telingamu  untuk mendengarkan Tuhan supaya engkau diberi pengertian akan jalan hidup dan kebenaran maka pada akhirnya menerima  kebahagiaan dan sukacita. Jalan Tuhan adalah kebenaran dan hidup, daripadanyalah kita memperoleh kehidupan kekal. Aku tahu hidupku berasal dari Tuhan. Amin.

 

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.779 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: